White Balance Dalam Fotografi

White Balance Dalam Fotografi - Apa itu white balance? Mengapa kita harus menguasai white balance? Bagaimana memilih white balance yang tepat? Postingan kali ini akan membahas secara tuntas tentang "white balance dalam fotografi".

Untuk menghasilkan karya dalam fotografi yang menarik, white balance memberikan pengaruh yang sangat besar pada hasil akhir foto kita. Sangat penting untuk mengerti white balance dalam fotografi karena jika kita tidak menguasainya dengan baik, tentu hasil foto kita akan menjadi kurang maksimal.

Pengertian White Balance Dalam Fotografi

Pengertian white balance dalam fotografi yaitu suatu pengaturan pada kamera yang menentukan keseimbangan warna pada foto yang akan dihasilkan. Pengaturan white balance inilah mempengaruhi suhu warna (keadaan cahaya) pada foto ketika kita menekan tombol shutter pada saat membidik objek.

Mengenal White Balance Dalam Fotografi

White balance juga dapat diartikan sebagai kemampuan kamera dalam membaca/menterjemahkan warna putih berdasarkan sumber cahaya yang ada. Sumber cahaya mempengaruhi kemampuan kamera dalam membaca warna putih, karena setiap sumber cahaya mempunyai suhu yang berbeda (menggunakan satuan Kelvin).

White Balance Dalam Fotografi

Sebagai contoh, pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu neon cenderung berwarna kebiru-biruan atau dingin. Sedangkan pencahayaan yang dihasilkan oleh lampu bohlam cenderung berwarna kekuning-kuningan atau hangat. Dengan menggunakan pengaturan white balance yang tepat, kita dapat menghasilkan foto yang memiliki suhu warna netral meskipun berada di salah satu kondisi pencahayaan di atas.


Menentukan White Balance Pada Kamera DSLR

Hampir semua kamera dslr bahkan smartphone saat ini memiliki fitur preset white balance. Berikut beberapa preset white balance yang dapat kita gunakan.

Auto

Kamera akan secara otomatis menebak suhu warna melalui sensor yang tertanam pada kamera. White balance auto ini seringkali digunakan pada banyak kondisi, namun tidak semua kondisi memberikan hasil yang baik dengan preset auto ini (misalnya foto sunrise/sunset).

Tungsten

White balance tungsten biasanya disimbolkan dengan warna bohlam, sangat cocok digunakan pada ruangan dengan kondisi pencahayaan yang menggunakan lampu bohlam.

Flourscent

White balance flourscent biasanya disimbolkan dengan lampu neon, sangat cocok digunakan pada ruangan dengan kondisi pencahayaan yang menggunakan lampu neon.

Daylight

White balance daylight biasanay disimbolkan dengan gambar matahari, sangat cocok digunakan pada saat di luar ruangan (outdoor) atau pada saat matahari bersinar cerah.

Cloudy

White balance cloudy biasanya disimbolkan dengan gambar awan, sangat cocok digunakan pada saat di luar ruangan dengan kondisi cuaca yang mendung (berawan) atau tidak ada sinar matahari.

Flash

White balance flash biasanya disimbolkan dengan lampu flash, jika memotret menggunakan lampu flash (strobis), gunakanlah white balance ini.

Shade

White balance shade biasanya disimbolkan dengan rumah atau pohon, gunakanlah pada saat memotret di dalam rumah (siang hari) atau ketika berada pada daerah jatuhnya bayangan (bukan sinar matahari langsung).

Cara Setting White Balance Manual

Beberapa kamera menyediakan fasilitas setting white balance manual. Setting manual adalah cara paling akurat jika kita bingung dengan temperatur warna sumber cahaya kita. Ini biasanya terjadi dalam pemotretan dengan sumber pencahayaan yang lebih kompleks (lebih dari satu jenis temperatur warna). Saya akan membahasnya pada postingan khusus.

White Balance Dalam Fotografi

Ada cara lebih mudah dan sangat akurat yaitu menggunakan expodisc atau kenko, harganya berkisar dari Rp. 800 ribu s/d Rp. 1,5 Juta. Dapat ditemukan di toko-toko kamera besar.

0 Response to "White Balance Dalam Fotografi"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel