Cara Update Firmware Kamera Nikon D3100, D3200, D5100, D5200 dan Coolpix P7700

Cara Update Firmware Kamera Nikon D3100, D3200, D5100, D5200 dan Coolpix P7700 - Kali ini saya akan menulis tentang cara update firmware kamera nikon d3100, d3200 d5100, d5200 dan coolpix p7700. 

Saya menulis tentang hal ini karena pertanyaan dari sobat Farid Umar pada postingan saya tentang Pencahayaan (Lighting) Dalam Fotografi. Saat menulis postingan ini, saya juga merupakan pengguna kamera Nikon D3100, dan tentunya saya telah melakukan update firmware pada kamera Nikon d3100 kesayangan saya. Adapun tujuan dari update firmware tersebut adalah sebagai berikut.

Update Firmware

Perbaikan yang diberikan oleh Nikon dalam hal ini bertujuan untuk peningkatan akurasi dalam pendeteksian sisa daya baterai Li-ion EN-EL 14a, selain itu juga bertujuan untuk memaksimalkan kinerja baterai sehingga pengguna dapat melakukan banyak pengambilan foto dari satu kali pengisian ulang baterai (charging).


Sebagian besar orang bertanya-tanya, apakah tidak terjadi kerusakan dan hal-hal yang merugikan lainnya ketika kita mengupdate firmware kamera kita? Apakah fitur bahasa Indonesia masih tetap ada?

Berdasarkan pengalaman saya sendiri, sejauh ini tidak terjadi apa-apa, malah daya tahan baterai kamera menjadi semakin tinggi sehingga saya dapat memotret sepuasnya tanpa harus kehabisan daya baterai dengan cepat seperti sebelum saya mengupdate firmware. Tentunya fitur bahasa Indonesia tetap ada dan tidak mengalami perubahan sama sekali.

Namun jika anda ragu-ragu dan takut mencobanya, saya tidak menganjurkan karena saya tidak bertanggung jawab atas segala kerusakan yang terjadi karena anda mengikuti tutorial yang saya tulis ini. Apabila anda memang ingin mengupdate nya silahkan ikuti langkah-langkah update kamera nikon d3100, d3200 d5100, d5200 dan coolpix p7700 berikut ini.

Persiapan Update Firmware

Sebelum masuk pada langkah-langkah update firmware, silahkan download firmware nya  di bawah ini melalui komputer anda sesuai dengan seri kamera Nikon anda.

Tutorial Update Firmware Kamera Nikon D3100, D3200, D5100, D5200 dan Coolpix P7700

Ikuti langkah-langkahnya dengan benar di bawah ini.

  • Pastikan baterai sudah terisi penuh.
  • Format SD Card melalui kamera (*bukan melalui PC/Laptop).
  • Jalankan file *.exe yang telah di download sebelumnya melalui link di atas.
  • Maka akan muncul folder baru yang berisi file dengan ekstensi *.bin di dalamnya.
  • Masukkan SD Card yang telah diformat sebelumnya di kamera ke dalam PC/Laptop.
  • Copy file *.bin tadi ke dalam SD Card (perhatikan contoh pada gambar berikut).

Cara Update Firmware Kamera Nikon D3100, D3200, D5100, D5200 dan Coolpix P7700

  • Masukkan kembali SD Card ke dalam kamera.
  • Nyalakan kamera lalu pilih Menu > Setup Menu > Firmware Version. (*perhatikan firmware version nya sebelum dilakukan update)
  • Pilih Update > Ok untuk memulai proses update.
  • Tunggu beberapa saat (*Jangan menekan tombol apapun dan jangan matikan kamera), biarkan proses update berjalan sampai selesai.
  • Jika sudah selesai  maka akan muncul notice (pemberitahuan) bahwa update firware kamera sudah selesai.
  • Matikan kamera dan hidupkan kembali, silahkan cek versi firmware nya sama seperti langkah di atas, Menu > Setup Menu > Firmware.
  • Jika berubah maka update firmware berhasil.  Silahkan format SD Card melalui kamera agar SD Card dapat digunakan kembali.

0 Response to "Cara Update Firmware Kamera Nikon D3100, D3200, D5100, D5200 dan Coolpix P7700"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel