Data Exif Foto Dalam Fotografi

Data Exif Foto Dalam Fotografi - Data exif foto dalam fotografi adalah standar yang digunakan untuk menyimpan informasi yang terdapat pada foto. Istilah exif dalam fotografi hampir sama dengan metadata.

Jika istilah metadata mengacu kepada pengertian yang lebih luas, maka data exif foto lebih sering digunakan dalam dunia fotografi, misalnya ketika ingin memperoleh informasi mengenai shutter count. Exif sendiri merupakan singkatan dari Exchangeable Image File Format.

Istilah exif dalam fotografi sebenarnya bukan hanya untuk foto (hasil kamera atau smartphone) tetapi juga untuk file suara yang direkam oleh kamera digital.

Tag metadata yang didefinisikan dalam exif meliputi spektrum yang di dalamnya terdapat informasinya sangat luas tentang suatu file, adapun informasi yang dimiliki dalam exif ini meliputi:
  • Informasi tanggal dan waktu ketika foto dibuat.
  • Informasi panjang dan lebar pixel foto (dimensi foto).
  • Informasi pengaturan kamera pada saat foto dibuat. Meliputi informasi vendor kamera, merk dan jenis kamera yang digunakan, settingan shutter speedaperture dan iso, dan focal length (panjang fokal lensa).
  • Thumbnail untuk melihat pratinjau gambar melalui layar LCD kamera, file manager dan software manipulasi (seperti photoshop).
  • Deskripsi foto.
  • Informasi hak cipta.

Masih banyak informasi tentang foto yang dapat kita ketahui melalui data exif foto ini. Dengan membaca postingan "Data Exif Foto Dalam Fotografi" ini, paling tidak anda sudah mengerti gambaran umum tentang arti data exif foto.

Cara Mengetahui Data Exif foto , arti exif foto, data exif foto 

Jika ingin melihat data exif dari sebuah foto, caranya cukup mudah. Adapun caranya yaitu sebagai berikut.
  • Buka sebuah foto di komputer anda. 
  • Pada Windows, klik kanan foto lalu pilih Properties (paling bawah), lalu klik tab Details.
  • Jika menggunakan Mac (finder), klik kanan lalu pilih More Info.
Data Exif Foto Dalam Fotografi


Pentingnya Mengetahui Data Exif Foto , arti exif foto, data exif foto

Dengan mengetahui arti data exif foto, ada beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh dari hal ini. Di antaranya adalah sebagai berikut.
  • Dapat membandingkan settingan yang digunakan untuk mengambil suatu foto dengan settingan foto lainnya, lalu membandingkan hasil yang diperoleh masing-masing foto. Dari situ kita bisa memperoleh kesimpulan untuk menentukan settingan yang tepat ketika memotret dalam kondisi tertentu.
  • Lebih mudah mengelompokkan foto berdasarkan jenisnya. Misalnya berdasarkan jenis lensa, tanggal foto dan lainnya.
  • Dapat belajar dari fotografer yang sudah profesional di situs atau forum-forum tertentu dan mengamati data exif foto mereka. Sehingga kita dapat mencoba menerapkannya untuk membuat foto kita sendiri.
  • Biasanya data exif foto diperlukan dalam lomba-lomba fotografi. Karena pada umumnya informasi data exif foto merupakan salah satu syarat utama yang harus dipenuhi ketika kita mengikuti lomba-lomba tersebut.

Nah, mulai sekarang silahkan mengamati data exif foto yang anda miliki. :)

0 Response to "Data Exif Foto Dalam Fotografi"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel