Menguasai Mode Metering Pada Kamera DSLR

Menguasai Mode Metering Pada Kamera DSLR - Postingan ini akan membahas cara menguasai mode metering pada kamera dslr. Ini merupakan lanjutan dari postingan sebelumnya tentang konsep dasar metering pada kamera dslr.

Seperti yang pernah saya tulis bahwa, metering pada kamera dslr merupakan alat ukur pada kamera yang membantu kita mengetahui (mengukur) besarnya nilai exposure ketika kita membidik objek.

Maka kali ini kita akan sama-sama belajar mengenai beberapa mode metering yang terdapat pada kamera dslr. Secara umum terdapat tiga jenis mode metering pada kamera dslr saat ini yaitu matrix/evaluative metering, center weighted metering, dan spot/partial metering.

Berikut penjelasan perbedaan untuk masing-masing mode metering pada kamera dslr.

Menguasai Mode Metering Pada Kamera DSLR

Matrix/Evaluative Metering Pada Kamera DSLR Nikon

Matrix/evaluative metering merupakan mode metering yang sama, pada kamera Nikon dikenal dengan matrix metering, sedangkan pada kamera Canon dikenal dengan evaluate metering.

Merupakan mode metering yang membagi seluruh objek yang ada dalam suatu foto menjadi beberapa bagian, kemudian masing-masing bagian tersebut diukur tingkat gelap-terangnya.

Selain itu, kamera juga lebih memprioritaskan bagian di mana kita meletakkan titik fokus sebagai bagian yang paling penting. Setelah semua informasi yang diperlukan kamera terkumpul, maka selanjutnya kamera mencoba memberikan nilai exposure yang tepat.

Menguasai Mode Metering Pada Kamera DSLR

Mode matrix/evaluative metering ini sering digunakan dalam kegiatan pemotretan sehari-hari dan pada hampir semua situasi pemotretan normal. Karena dianggap paling akurat, mode matrix/evaluate metering ini sering digunakan oleh para fotografer.

Jadi sebelum mencoba menggunakan mode metering lainnya, alangkah baiknya kita memulainya dengan menguasai mode matrix/evaluative metering ini.

Center Weighted Metering Pada Kamera DSLR Canon


Mode center weighted metering merupakan mode metering pada kamera dslr yang mengukur pantulan atau refleksi cahaya di sekitar titik tengah frame dan mengabaikan bagian atau sudut lainnya.

Dengan begitu kamera akan mengukur nilai exposure pada titik tengah viewfinder dan mengabaikan area lainnya yang mungkin intensitas cahayanya lebih terang dari titik fokus. 

Menguasai Mode Metering Pada Kamera DSLR

Berbeda dengan mode matrix/evaluative metering, pada mode center weighted metering ini kamera tidak akan memperhitungkan titik fokus selain di tengah.

Tetapi kamera hanya akan mengukur exposure pada bagian tepat di tengah viewfinder kamera. Biasanya mode center weighted metering ini sering digunakan untuk sesi pemotretan foto close-up.

Spot/Partial Metering Pada Kamera DSLR

Spot metering pada kamera dslr merupakan mode yang mengukur cahaya di sekitar titik fokus dan mengabaikan bagian lainnya atau lebih tepatnya sebesar 3% dari keseluruhan foto. Sedangkan partial metering pada kamera dslr mengukur area yang lebih besar dari spot metering atau sekitar 10% dari keseluruhan foto serta mengabaikan bagian lainnya.

Pada dasarnya prinsip kerja kedua mode metering ini sama saja, yaitu mengukur bagian frame yang menjadi titik fokus lalu mengevaluasi nilai exposure nya dan mengabaikan bagian lainnya. Yang membedakannya hanya luas area nya saja.

Menguasai Mode Metering Pada Kamera DSLR

Spot/partial metering pada kamera dslr biasanya digunakan untuk memotret objek (manusia) yang membelakangi matahari namun berada jauh dari kamera. Sehingga objek hanya merupakan bagian yang kecil dari frame secara keseluruhan.

Jika menggunakan mode selain spot/partial metering, kemungkinan hasil foto yang diperoleh adalah berupa siluet. Karena kamera akan lebih cenderung mengukur cahaya matahari yang mendominasi foto.

Contoh lain penggunaan mode spot/partial metering pada kamera dslr yaitu ketika kita memotret burung di atas pohon yang cukup jauh sebagai objek utama. Karena burung hanya merupakan bagian kecil dari frame, maka dengan penggunaan mode spot/partial metering akan menghasilkan nilai exposure yang tepat. 

Cara Mengubah Mode Metering Pada Kamera DSLR

Untuk kamera jenis dan seri yang berbeda, cara mengubah mode metering tentunya berbeda pula. Saya tidak akan membahasnya panjang lebar di sini karena pembahasannya akan menjadi panjang lebar.

Cara mudah untuk mengubah mode metering pada kamera dslr yaitu dengan membaca buku panduan manual yang anda dapatkan ketika membeli kamera atau dengan mendownload ebook di situ resminya.

0 Response to "Menguasai Mode Metering Pada Kamera DSLR"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel