Tips Memotret Menggunakan Handphone

Tips Memotret Menggunakan HP/Handphone - Pada postingan ini saya akan membahas tentang 'tips memotret menggunakan handphone'. Dunia fotografi tidak hanya terbatas pada penggunaan kamera dslr, kita bisa memotret menggunakan kamera apa saja, salah satunya yaitu kamera yang terdapat pada perangkat handphone. Seperti yang kita ketahui bahwa hampir setiap orang memiliki hanphone. Selain berfungsi sebagai alat komunikasi, handphone saat ini sudah berkembang dan dilengkapi dengan fitur-fitur canggih.

Salah satu fitur yang ada di handphone saat ini yaitu terdapat fitur kamera yang memiliki resolusi cukup tinggi dibandingkan beberapa tahun lalu. Meski hasil yang diperoleh ketika memotret menggunakan kamera handphone tidak sebaik menggunakan kamera dslr, namun tetap saja banyak yang menggunakannya.

Tips Memotret Menggunakan Handphone

Berikut tips memotret menggunakan handphone agar hasil yang diperoleh menjadi maksimal.
  • Hindari penggunaan fitur Zoom pada kamera. Kamera yang terdapat pada handphone cenderung memperkecil ukurang objek yang difoto. Untuk memperoleh hasil yang maksimal, mendekatklah pada objek, jangang menggunakan fitur zoom karena akan menurunkan ketajaman foto.
  • Perhatikan pencahayaan (baca tentang 'pencahayaan dalam fotografi'). Kamera yang ada pada handphone belum secanggih kamera dslr, sehingga memiliki tingkat sensitivitas yang rendah terhadap cahaya. Karena itu foto outdoor biasanya lebih baik kualitas ketajamannya dibandingkan dengan foto indoor jika kita memotret menggunakan kamera handphone.
  • Menjaga kestablian. Saat memotret menggunakan kamera handphone, sangat disarankan untuk menjaga kestablian tangan ketika menekan tombol shutternya. Bisa dilakukan dengan cara menahan nafas sebelum dan sesudah menekan tombol shutter atau dengan alat bantuan lainnya (tongsis).
  • Kuasai konsep komposisi dalam fotografi (baca tentang 'komposisi rule of thirds'). Jika kita menguasai konsep komposisi dengan benar, foto yang kita buat akan semakin menarik dan berbeda dari yang lainnya.
  • Menggunakan resolusi tertinggi. Hampir semua handphone saat ini memiliki settingan untuk mengatur resolusi foto. Dengan menggunakan resolusi yang tinggi, ketajaman dan detail foto akan terlihat lebih baik. Tentunya anda akan membutuhkan memory yang besar jika terus-terusan memotret menggunakan settingan foto resolusi tinggi, karena akan menyita kapasitas memory yang cukup banyak.
  • Menjaga kebersihan lensa. Handphone merupakan alat yang sering kita pegang menggunakan tangan, jagalah lensa kamera handphone tetap bersih dari debu, kotoran atau minyak yang seringkali menempel ketika kita menggunakannya.
  • Mengenali waktu jeda shutter (baca tentang 'shutter speed kamera'). Setiap kamera handphone memiliki fitur yang berbeda, ada kamera yang memerlukan waktu yang lama untuk mengambil sebuah foto. Maka pelajari dengan baik agar tangan kita tetap stabil ketika menekan tombol shutter.
  • Hindari mengedit foto dari handphone. Handphone memiliki beberapa fitur pengolahan foto bawaan yang cukup menarik, tapi cobalah untuk melakukan editing dari komputer. Tentu hasilnya akan lebih menarik (harus memiliki keahlian dasar editing foto).
  • Teruslah memotret. Berbeda ketika kamera masih menggunakan roll film, kita dapat dengan bebas memotret menggunakan kamera handphone di manapun dan kapanpun karena tidak menghabiskan banyak biaya untuk membeli roll film. Jadi kuasai perangkat dan latihlah kemampuan memotret anda.

0 Response to "Tips Memotret Menggunakan Handphone"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel