Cara Resize Foto, Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Cara Resize Foto, Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya - Postingan kali ini akan membahas tentang cara resize atau mengubah ukuran foto yang baik dan benar, tanpa mengurangi kualitas dan ketajaman foto sama sekali.

Pernahkah anda mengecilkan atau resize ukuran foto? Saya percaya hampir semua penggemar fotografi pasti pernah melakukan hal ini. Namun seringkali ketika sudah mengecilkan atau resize ukuran foto, ternyata mengurangi kualitas dan ketajaman foto aslinya.

Tidak hanya itu, ketika kita mengupload foto ke website atau jejaring sosial tertentu seperti facebook, twitter atau instagram dan jejaring sosial lainnya, maka foto yang kita upload semakin berkurang kualitasnya.

Bahkan beberapa waktu lalu teman saya sendiri mengeluhkan hal ini, sehingga muncul lah statement seperti ini "Percuma beli barang-barang mahal, kalau hasilnya sama saja dengan yang harga yang lebih murah". Berangkat dari hal itu, saya akan membagikan cara resize foto agar para pembaca sekalian mengerti cara mengecilkan ukuran foto tanpa harus mengurangi ketajaman dan kualitasnya.

Memahami Ukuran Foto Yang Di Upload

Sebelum mengecilkan atau resize foto tanpa harus mengurangi ketajaman dan kualitasnya, ada baiknya kita menentukan terlebih dahulu di mana kita akan mengupload foto tersebut. Kenapa demikian?

Karena setiap situs dan jejaring sosial yang kita gunakan memiliki standarisasi tertentu mengenai ukuran foto yang boleh diupload di situs mereka, standarisasi tersebut mengacu kepada besar minimum dan maksimum foto yang diijinkan.

Cara Resize Foto Dengan Photoshop

Saya pribadi lebih suka melakukan resize ukuran foto dengan menggunakan adobe photoshop, alasannya karena sekalian dilakukan olah digital. Tapi biasanya saya mengecilkan ukuran foto setelah dilakukan editing dan tentunya foto sudah siap di upload.

Dalam postingan ini saya contohkan cara resize foto untuk diupload di facebook. Seperti yang saya tulis di atas bahwa, setiap situs memiliki standarisasi tersendiri. Facebook sendiri merekomendasikan ukuran pixel sisi terpanjang untuk sebuah foto yaitu sebesar 2048px, 960px dan 720px (dapat dilihat di sini).

Maksudnya, kita tidak perlu pusing memikirkan sisi lainnya. Misalnya ukuran 'panjang' sekian pixel, maka ukuran 'lebar'nya bisa di abaikan, begitu juga sebaliknya. Kenapa demikian? karena dalam proses resize foto, kita hanya perlu menyesuaikan ukuran foto dengan sisi terpanjang sesuai yang direkomendasikan maka secara otomatis sisi lainnya akan menyesuaikan (rasio).

Biasanya saya sering menggunakan ukuran 960px agar tidak terlalu berat ketika upload. Namun semua tergantung selera masing-masing, anda dapat memilih ukuran 2048px jika koneksi internet anda lumayan kencang. :)

Langkah-langkah resize foto dengan photoshop adalah sebagai berikut.

  • Buka Adobe Photoshop.
  • Masukkan foto yang akan di resize ke dalam Photoshop (asumsikan foto sudah diedit dan siap di upload).
  • Pilih menu File > Save for Web.
  • Perhatikan dimensi Panjang dan Lebar (pada bagian Image Size), manakah pixel yang terbesar. Jika dimensi Panjang merupakan pixel terbesar maka kita ubah dimensi Panjang sesuai dengan ukuran yang direkomendasikan. Begitu juga sebaliknya jika dimensi Lebar memiliki pixel terbesar, maka yang akan kita ubah adalah dimensi Lebar.
Cara Resize Foto, Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya

  • Pada contoh di atas dimensi Lebar merupakan pixel terbesar maka ubahlah pixelnya sesuai dengan yang direkomendasikan. Lalu tekan Enter pada keyboard.
  • Tunggu beberapa saat, Adobe Photoshop akan memerlukan waktu beberapa detik untuk proses rendering dan menyesuaikan rasio nya.
  • Selanjutnya pilih Save. Tentukan direktori penyimpanan dan simpan hasil foto yang sudah di resize tersebut.
Notice: Coba buka foto asli dan foto yang sudah di resize, bandingkan ukuran dan kualitasnya. Cara ini dapat digunakan ketika ingin mengupload ke situs tertentu lainnya. Petunjuk ukuran gambar yang disarankan biasanya dapat ditemukan di pusat bantuan. :)

Demikian langkah-langkah resize foto yang baik dan benar agar ketajaman dan kualitas foto kita tidak berkurang. Jika ada kesulitan silahkan bertanya melalui kotak komentar, terima kasih.

0 Response to "Cara Resize Foto, Mengecilkan Ukuran Foto Tanpa Mengurangi Kualitasnya"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel