Tips Foto Macro, Belajar Memotret Macro

Tips Foto Macro, Belajar Memotret Macro - Postingan kali ini saya akan menulis tentang "tips foto macro, belajar memotret macro". Macro dalam fotografi merupakan salah satu 'aliran' yang secara khusus memotret objek-objek kecil, baik itu benda hidup atau mati (embun, bunga dll), hewan maupun tumbuhan yang ukurannya kecil. Karena di dalam fotografi, setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda dalam memotret objek. Ada yang gemar memotret landscape (pemandangan), manusia (model, human interest dll), macro dan lain-lain. Saya sendiri secara pribadi lebih senang memotret landscape, human interest dan macro.

Tips Foto Macro Dengan Kamera DSLR

Beberapa waktu lalu, beberapa teman bertanya kepada saya (yang masih pemula ini) tentang bagaimana cara atau tips memotret dengan kamera dslr. Pada dasarnya, secara umum para pencinta foto macro yang memotret dengan kamera dslr menggunakan lensa macro khusus dengan settingan kamera yang Depth of Field (DoF) nya sempit atau angka F nya kecil (bukaan lensa besar). Bingung? coba baca kembali postingan  yang pernah saya tulis tentang "Arperture Kamera".
Belajar Fotografi Pemula
Tips Foto Macro, Belajar Memotret Macro

Tips Foto Macro Dengan Lensa Kit

Bagaimana jika kita ingin memotret macro tapi tidak memiliki lensa khusus macro? Bagaimana cara memotret macro dengan lensa kit? Saya sendiri tidak memiliki lensa khusus macro sampai saat ini (masih anak kuliahan). Saya menggunakan lensa kit atau terkadang menggunakan lensa fix (35mm). Ada banyak alternatif yang bisa dicoba bagi anda yang tidak memiliki lensa macro khusus. Belilah aksesoris khusus seperti filter close up (filter pembesar), reverse ring, extension tube dan lain-lain. Lalu bagaimana jika kita tidak punya salah satu aksesoris tersebut? Baliklah lensa dan tahan menggunakan tangan. :D
Belajar Fotografi Pemula
Tips Foto Macro, Belajar Memotret Macro

Tips Foto Macro, Belajar Memotret Macro

Saya pernah memotret dengan membalikan lensa dan ditahan dengan tangan, prinsipnya sama dengan reverse ring tapi sedikit lebih sulit karena tangan akan terasa lelah. Berikut foto macro yang pernah saya potret dengan cara membalik lensa dan menahannya dengan tangan kosong (tanpa reverse ring).
Belajar Fotografi Pemula
Tips Foto Macro, Belajar Memotret Macro

Tips Foto Macro Memotret Serangga

Sebelum memotret macro seperti serangga, alangkah baiknya untuk mempelajari siklus hidup serangga tersebut dengan baik. Dengan begitu kita tahu di mana tempat yang mudah untuk menemukannya, karena akan terasa sulit untuk menemukan objek yang ingin dipotret jika kita tidak mengetahui dengan baik informasi tentang serangga tersebut. Selain itu juga kita dapat mengetahui rentang waktu kapan serangga tersebut makan, kawin dan lain-lain.
Belajar Fotografi Pemula
Tips Foto Macro, Belajar Memotret Macro

Bangunlah lebih pagi sebelum matahari terbit. Kebanyakan serangga mudah ditemukan bahkan untuk dipotret ketika waktu masih pagi, karena tubuh dan sayap serangga masih diselimuti embun. Sehingga biasanya serangga tidak bisa terbang dengan bebas dan lebih terkesan jinak. Selain itu kita bisa memotret embun yang banyak sekali jumlahnya dengan mudah. Waktu yang saya sarankan untuk memotret macro yaitu antara pukul 5.30 s/d 9.00 pagi. Ketika matahari sudah terbit, serangga tersebut akan berburu dan mencari makanan. Jadi sudah sedikit menantang, karena mulai liar beterbangan kesana kemari.
Belajar Fotografi Pemula
Tips Foto Macro, Belajar Memotret Macro

0 Response to "Tips Foto Macro, Belajar Memotret Macro"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel