Merawat Kamera, Tips Cara Merawat Kamera Digital dan Lensa

Merawat Kamera, Tips Cara Merawat Kamera Digital dan Lensa - Merawat kamera digital dan lensa merupakan hal yang sangat penting bagi semua fotografer, baik itu yang masih 'belajar fotografi pemula' seperti saya maupun yang sudah profesional.

Seperti barang elektronik lainnya, kamera memerlukan perawatan yang ekstra karena setiap kamera (baik dslr maupun mirrorless) memiliki komponen yang sensitif dan mudah mengalami kerusakan apabila kita tidak berhati-hati dalam menggunakan dan menjaganya.

Keuntungan Merawat Kamera Digital dan Lensa

Keuntungan yang kita peroleh dengan merawat kamera digital dan lensa yang kita miliki, selain membuat kamera dan lensa tidak mudah rusak, kita dapat menggunakan kamera dan lensa dalam waktu yang cukup lama.

Ketika kita ingin mengupgrade peralatan memotret kita dan menjual yang lama, tentu dengan perawatan yang baik kita akan mendapatkan harga jual yang sesuai dengan kondisinya.

Merawat Kamera, Tips Cara Merawat Kamera Digital dan Lensa

Tips Cara Merawat Kamera Digital dan Lensa

Berikut ini adalah tips yang dapat anda lakukan untuk merawat kamera digital dan lensa yang anda miliki saat ini.

1. Menjauhkan kamera dan lensa dari air

Jangan biarkan kamera dan lensa mengalami kontak langsung dengan air, jika tanpa sengaja terkena air maka segera lap kamera dengan menggunakan kain microfiber sampai kering. Berbeda jika kamera yang anda miliki merupakan kamera yang termasuk dalam kategori waterproof atau water sealed.

Air dapat menyebabkan komponen yang ada di dalam kamera dan lensa menjadi lembab dan berjamur, sehingga dapat menyebabkan kerusakan jika tidak ditangani segera.

Merawat Kamera, Tips Cara Merawat Kamera Digital dan Lensa

Jika kamera dan lensa sedang tidak digunakan, simpanlah pada tempat yang sejuk, kering dan aman. Jika anda memiliki budget lebih, bisa membeli dry box di toko kamera terdekat yang menjualnya atau membeli secara online (baca postingan tentang 'Toko Kamera Online Terbaik dan Terpercaya').

Namun jika budget anda belum cukup, sebagai alternatif belilah sebuah tupperware yang dapat memuat semua peralatan memotret anda dan jangan lupa untuk memberikan silica gel yang cukup ke dalam tupperware.

Jangan pernah meninggalkan kamera dan lensa anda di dalam mobil dalam waktu yang cukup lama pada siang hari. Semua jenis kamera memiliki rentang suhu aman. Meninggalkan kamera anda di dalam mobil sangat berisiko karena panas di dalam mobil bisa melebihi rentang suhu kamera. 

2. Menjaga Kebersihan Lensa

Sebelum dan sesudah menggunakan lensa kamera, bersihkan dengan menggunakan cairan pembersih khusus dan kain micorfiber secara rutin. Hal ini bertujuan untuk mencegah tumbuhnya jamur pada kaca lensa (baca postingan tentang 'cara membersihkan jamur pada lensa kamera dslr').

Merawat Kamera, Tips Cara Merawat Kamera Digital dan Lensa

Ketika menggunakan cairan pembersih khusus ini, jangan langsung menyemprotkan cairan ke permukaan kaca lensa tapi semportkan ke kain microfiber terlebih dahulu dan usap secara halus pada permukaan kaca lensa. Sedangkan jika tanpa sengaja menyentuh permukaan kaca lensa, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan alat khusus yang dikenal dengan lens pen.

3. Waspada Terhadap Air Laut

Bagi anda yang sering memotret di pantai, berhati-hatilah dengan kamera dan lensa yang anda miliki jangan sampai jatuh ke air laut. Karea air laut mempunyai sifat korosif terhadap komponen-komponen yang ada di dalam dan luar kamera.

Merawat Kamera, Tips Cara Merawat Kamera Digital dan Lensa

Ketika anda selesai memotret di laut atau pantai, bersihkan segera kamera digital dan lensa dengan menggunakan kain microfiber yang telah dibasahi dengan cairan pembersih khusus untuk menghilangkan butiran-butiran garam (kasat mata) yang menempel pada kamera dan lensa. Lalu lap dengan kain microfiber yang kering.

4. Mencabut dan Memasang Aksesoris Kamera

Jika anda sering menganti lensa, pastikan kamera dalam kondisi tidak menyala sebelum dan sesudah memasang lensa. Karena komponen di dalam kamera bekerja dengan menggunakan arus listrik dan sangat rentan terhadap pengaruh perubahan arus listrik yang secara tiba-tiba berubah.

Merawat Kamera, Tips Cara Merawat Kamera Digital dan Lensa

Anda dapat membaca petunjuk cara mencabut dan memasang lensa kamera melalui buku panduan ketika anda membeli kamera. Hal ini juga berlaku ketika anda ingin mencabut atau memasang baterai dan memory card.

Demikian tadi 'tips cara merawat kamera digital dan lensa' yang dapat kita lakukan untuk menjaga daya tahan kamera dan lensa yang kita miliki agar tahan lama dan berfungsi dengan baik. 

0 Response to "Merawat Kamera, Tips Cara Merawat Kamera Digital dan Lensa"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel