Cara Membuka File RAW

Cara Membuka File RAW - Pada postingan sebelumnya saya telah menulis tentang File RAW, kali ini saya akan membahas tentang cara membuka file RAW. File RAW adalah file yang dihasilkan oleh sensor melalui mekanisme kerja di mana masih dalam bentuk mentah dan belum diproses oleh kamera.
Belajar Fotografi Pemula - Cara Membuka File RAW

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuka file RAW ini, terlepas dari apa yang akan kita lakukan terhadap foto, apakah kita hanya ingin sekedar melihat hasil foto atau mengkonversi nya menjadi format JPEG. Cara membuka file RAW dan konversi file RAW menjadi JPEG yaitu sebagai berikut.

Cara membuka file RAW di Windows

Bagaimana sih cara membuka file RAW di Windows? Cara membuka file RAW di Windows sangat mudah sekali, namun biasanya beberapa sistem operasi Windows secara default (seperti Windows XP, Windows Vista dan Windows 7) tidak dapat menampilkan foto dengan format (ekstensi) RAW.

Namun poin penting yang harus kita ketahui dalam hal ini yaitu kita tidak bisa mengkonversi nya menjadi format JPEG secara langsung, tetapi hanya untuk membuka dan melihat pratinjau (thumbnail) foto kita. Caranya adalah sebagai berikut.

Download  Microsoft Camera Codec Pack terlebih dahulu.

Lalu install Microsoft Camera Codec Pack di komputer anda.

Jika Microsoft Camera Codec Pack telah terinstal, barulah kita dapat membuka dan melihat foto yang masih dalam format file RAW tersebut melalui sistem operasi Windows.

Cara membuka file RAW di Photoshop

Cara membuka file RAW di Photoshop juga tidak sulit, anda dapat melakukan editing dan konversi secara langsung. Namun tidak semua versi Adobe Photoshop dapat membuka file RAW. Berdasarkan pengalaman pribadi saya, versi yang dapat digunakan untuk membuka file RAW yaitu Adobe Photoshop CS 5 ke atas.

Cara Membuka File RAW

Saya pribadi untuk saat ini menggunakan Adobe Photoshop Creative Cloud versi 14.2. Anda dapat mengunduh aplikasi Adobe Photoshop di sini. Selain itu anda juga dapat menggunakan Adobe Camera RAW and DNG Converter, unduh di sini.

Berikut ini adalah video yang saya buat untuk sobat pembaca sekalian, yaitu tentang cara membuka dan editing foto dari file RAW yang menggunakan Adobe Photoshop Creative Suite 6.

Cara membuka file RAW Kamera Canon & Nikon

Cara membuka file RAW pada kamera Canon dan Nikon juga dapat anda lakukan dengan menggunakan aplikasi bawaan yang anda dapatkan ketika membeli kamera baru (berupa CD/DVD). Jika anda tidak memilikinya anda dapat mengunduhnya di bawah ini.

  • Untuk kamera merk Canon dapat menggunakan Digital Photo Professional. Setelah itu pilih jenis kamera Canon yang anda gunakan. Lalu install di komputer anda.
  • Untuk kamera merk Nikon dapat menggunakan CaptureNX. Lalu install di komputer anda.
Demikian tadi artikel singkat tentang 'Cara Membuka File RAW'. Terima kasih sudah berkunjung dan salam jepret. :)

0 Response to "Cara Membuka File RAW"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel