Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi - Postingan kali ini akan membahas tips jitu memenangkan lomba fotografi. Saya merasa tertarik menuliskan topik ini karena ada banyak permintaan dari sobat pembaca sekalian yang masuk agar saya membahas tentang cara memenangkan lomba fotografi. Meskipun saya sendiri belum pernah memenangkan satu kompetisi atau lomba fotografi sama sekali dari beberapa kompetisi yang saya coba ikuti. 

Tentunya ketika kita sudah mendalami suatu hobi tertentu, pasti ada kalanya kita ini menguji dan mengukur skill atau kemampuan kita dalam bidang tersebut. Tak terkecuali dalam bidang fotografi sendiri. Melalui tulisan tips jitu cara memenangkan lomba fotografi kali ini saya akan membagikan sedikit pengalaman yang berguna bagi sobat pembaca sekalian tentang lomba fotografi.

Sebenarnya ada banyak sekali manfaat yang dapat kita peroleh dari mengikuti kompetisi atau lomba fotografi. Selain kita dapat mengukur skill atau kemampuan yang dimiliki, kita juga dapat belajar dari foto-foto yang dihasilkan oleh fotografer lain yang karyanya begitu bervariasi dan kreatif.

Lensfotografi - Belajar Fotografi Pemula: Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Dengan melihat karya-karya dari fotografer lain, kita dapat menemukan inspirasi baru untuk menghasilkan karya kita selanjutnya. Selain itu, kompetisi atau lomba fotografi juga pada umumnya menyuguhkan hadiah atau reward yang tidak kalah menarik serta menggugah semangat kita untuk memenangkannya.

Lensfotografi - Belajar Fotografi Pemula: Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk memenangkan lomba fotografi yang kita akan ikuti. Syarat pertama kita harus memiliki skill fotografi yang mumpuni, selain itu juga harus memahami aturan dan ketentuan lomba, kriteria penilaian maupun juri yang menilai karya-karya yang dikirim oleh fotografer.

Tapi dalam lomba fotografi juga ada faktor lain yang menentukan kemenangan yaitu keberuntungan. Kenapa saya katakan ada faktor keberuntungan? Mari kita bahas tips jitu cara memenangkan lomba fotografi satu persatu.

Menguasai Peralatan Fotografi yang dimiliki

Peralatan fotografi yang kita miliki pada umumnya relatif sama dan atau berbeda. Mungkin saja kita memiliki peralatan fotografi yang lengkap dan memiliki kualitas yang baik. Namun dengan peralatan yang sama dengan orang lain miliki juga, belum tentu foto yang dihasilkan sama.

Lensfotografi - Belajar Fotografi Pemula: Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Dan dengan peralatan seadanya, kita juga dapat mengalahkan foto-foto yang dibuat dengan peralatan yang kualitasnya berada di atas kita. Namun, peralatan yang lengkap dan berkualitas baik tentunya juga merupakan faktor penting yang harus kita pertimbangkan.

Jadi ketika tidak memiliki peralatan fotografi yang mumpuni. Kita tidak perlu berkecil hati. Kuasailah peralatan yang kita miliki dengan baik. Jika memungkinkan, upgrade dan lengkapi peralatan fotografi yang kita miliki agar kita dapat menciptakan foto yang lebih baik dari sebelumnya. Sehingga peluang memenangkan lomba fotografi semakin besar.

Berlatih Rutin Meningkatkan Skill Fotografi

Dalam hal apapun, semua memerlukan pembelajaran, latihan dan eksperimen untuk memperoleh hasil terbaik. Hal ini berlaku juga dalam fotografi.

Lensfotografi - Belajar Fotografi Pemula: Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Dengan terus melatih skill fotografi kita secara rutin, yakin dan percayalah bahwa suatu hari nanti kita dapat menciptakan foto yang lebih baik dari sebelumnya (berdasarkan pengalaman pribadi).

Mempelajari Foto Karya Fotografer Lain

Mengikuti lomba fotografi merupakan salah satu cara meningkatkan skill fotografi kita. Kita akan banyak belajar dari melihat hasil karya para fotografer lain. Kita akan mengetahui kekurangan dan kelebihan dari setiap foto yang kita lihat.
Lensfotografi - Belajar Fotografi Pemula: Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Dalam hal ini, bukan berarti kita meniru ide dari orang lain. Tapi lebih bagaimana kita melatih 'insting' kita dalam membuat karya milik kita selanjutnya berdasarkan referensi dan teknik-teknik yang sudah dan atau belum kita pelajari sebelumnya.

Mengikuti Syarat dan Ketentuan Lomba

Bacalah, pahami dan ikuti syarat serta ketentuan lomba fotografi yang kita ikuti dengan baik dan benar. Perhatikan tema yang ditentukan dan bayangkan foto seperti apa yang ingin kita buat. Tuliskan dan kumpulkan ide-ide yang muncul mengenai tema lomba foto tersebut.

Lensfotografi - Belajar Fotografi Pemula: Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Jangan hanya berhenti sampai pada ide, coba jadikan tindakan nyata. Jika memang mungkin kita akan mendapatkan kondisi secara alami mengenai foto seperti apa yang akan kita buat, maka persiapkan peralatan dan skill. Jangan ditunda dan lakukan 'perburuan'.

Lensfotografi - Belajar Fotografi Pemula: Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Namun jika kesulitan, coba pikirkan cara menciptakan sendiri kondisi foto seperti yang sudah kita pikirkan sebelumnya. Buatlah skenario nya, meskipun kita mungkin akan mengeluarkan biaya, waktu dan tenaga ekstra.


Kreatif dan Berani Menghadapi Tantangan

Bertanya pada teman-teman atau orang-orang mengenai tema foto yang dilombakan. Karena akan ada banyak ide kreatif yang mungkin kita lewatkan karena keterbatasan kita.

Lensfotografi - Belajar Fotografi Pemula: Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Selanjutnya buatlah foto dengan tantangan tingkat kesulitan tersendiri, karena biasanya tingkat kesulitan pengambilan foto juga merupakan faktor penting dalam penilaian lomba fotografi.

Pelajari Karakteristik Tim Juri

Setiap lomba akan ada beberapa juri yang menentukan pemenang dalam suatu lomba fotografi. Kumpulkan informasi sebanyak-banyaknya tentang juri tersebut. Carilah informasi tentang foto seperti apa yang menjadi favoritnya, lihat galeri fotonya dsb.

Lensfotografi - Belajar Fotografi Pemula: Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi

Biasanya hal ini jarang diperhatikan oleh peserta lomba fotografi. Namun ini merupakan faktor yang sangat penting yang harus kita pertimbangkan. Dan inilah yang saya pribadi anggap sebagai faktor keberuntungan.

Jangan heran jika foto yang memenangkan lomba fotografi tersebut biasanya akan mendekati karakteristik foto favorit dari tim juri. Karena penilaian dan keputusan pemenang akan kembali pada tim juri. Sederhananya, bayangkan saja jika anda menjadi jurinya. ^^

Nah, demikian tadi beberapa Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi sobat pembaca sekalian. Terima kasih sudah berkunjung. 

0 Response to "Tips Jitu Cara Memenangkan Lomba Fotografi"

Post a Comment

Note: only a member of this blog may post a comment.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel